Indonesia Bangga

30305005

Judul: Indonesia Bangga (30 Anak Muda Indonesia dengan Prestasi Dunia)

Penulis: Muh. ALfan & Arimy Adi Savitri

Penerbit: Caesar Media Pustaka

Tahun: 2013

ISBN: 602-18760-6-7

Jumlah halaman: 234

***

“Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.”—Andrea Hirata

***

Buku ini merupakan buku dengan tema “psikologi terapan” yang pertama kali aku baca di tahun 2017. Waktu itu lagi iseng main-main ke perpus, eh…ketemu sama si mungil penuh inspirasi ini. Nggak pake pikir panjang, langsung angkut buat bahan bacaan minggu ini.

Buku Indonesia Bangga ini berisi 30 kisah inspiratif dari anak-anak muda Indonesia dalam kancah internasional. Dan pemilihan judul ini pas banget karena ketigapuluh cerita anak muda tersebut bener-bener membuat aku, yang juga masih anak muda, ikutan bangga dan terpantik semangatnya untuk terus berkarya. Yay!

Nih, aku kasih bocoran, siapa aja sih yang membuat Indonesia Bangga yang dikemas dalam buku ini?

Peter Firmansyah dari Peter Says Denim

Jim Geovani Hacker kaliber Internasional

Andrea Hirata

Anne Ahira

Merry Riana

Nancy Go

Rini Sugianto

Tex Savier

Christiawan Lie

Griselda Sastrawinata

Chris Lesmana

Prof. Dr. Khoirul Anwar

Iwan Bagus

Muh. Arief Budiman

Fahma Waluya

Jack Brown

Muh. Iman Usman

Shandy Sandoro

Johny Setiawan

Irene Kharisma

Chris John

Arthur Irawan

Yuyun Ismawati

Anggun C. Sasmi

Deden Putra

Iko Uwais

The Seven Summiters (4 Cowok Penakluk Puncak-Puncak Dunia)

Dari ketigapuluh anak muda Indonesia itu, ada beberapa nama yang mungkin udah dikenal banyak orang, seperti Andrea Hirata, Merry Riana, Sandy Sandoro, hingga Anggun C. Sasmi. Beberapa orang lagi baru aku tahu sosoknya melalui buku ini, seperti Fahma Waluya, Anne Ahira, hingga Grand Master wanita Irene Kharisma. Duh, perlu mengembangkan wawasan lebih luas lagi nih hihi.

Buku yang ditulis melalui kolaborasi antara Muh. Alfan dan Arimy Adi Savitri ini menggunakan bahasa yang asik, khas anak muda. Yang disayangkan adalah beberapa kesalahan penulisan hadir dan membuat agak nggak nyaman saat membaca. Mungkin kalo buku ini dicetak ulang, bisa diperbaiki lagi hehe.

Untuk cover, anak muda abis! Aku suka sama background warna putih yang mendominasi covernya. Aku juga suka dengan ilustrasi 3 anak muda yang mewakili 30 anak muda yang mendunia di dalamnya. All pewfect untuk cover buku.

Nah, untuk cerita-cerita inspiratif di dalamnya, ada beberapa yang “ngena” banget buatku. Salah satunya adalah cerita dari Anne Ahira, guru internet marketing yang mempunyai murid di seluruh penjuru dunia melalui video. Di awal cerita, dikisahkan bahwa Anne Ahira ini meniti karier dari bawah. Bener-bener dari bawah, seperti jadi cleaning service, dan masih banyak lagi. Namun karena kegigihannya, ia bisa mendunia.

Lain lagi dengan Andrea Hirata. Salah satu karya Andrea Hirata ini merupakan favoritku, yaitu Sang Pemimpi. Dari novel tersebut, aku bisa nangis sesenggukan karena membaca kisah dari Arai. Kisah perjalanan Andrea Hirata yang menjadi dasar dari novel Laskar Pelangi juga outstanding banget. Aku banyak belajar baik dari novel maupun film karya anak asli Belitong ini. Salah satunya aku banyak belajar dari karakter Lintang, bocah jenius didikan alam yang sukses membuatku menangis karena malu, aku belum sekuat Lintang dalam hal semangat berkarya.

Well, dari cerita-cerita inspiratif di atas, aku bisa menarik benang merah. Everyone has their own struggle. Mereka punya tantangan masing-masing. Mereka menjawab tantangan tersebut dengan bermimpi dan tidak lupa diimbangi dengan mewujudkan mimpi itu jadi nyata.

Aku yakin, yakin banget bahwa ada ribuan anak muda Indonesia lain di luar sana yang mempunyai prestasi luar biasa, baik dalam kancah internasional maupun nasional. Semuanya bikin bangga. Dan sebagai salah satu dari jutaan anak muda di Indonesia, aku sekarang tengah bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi itu, agar aku bisa turut menyumbangkan karyaku untuk Indonesia Bangga!

Love,

Arintya

 

Tinggalkan Balasan

