No More Gaptek with Girls in Tech

21489238-_uy454_ss454_

Judul: Girls & Tech

Penulis: Ollie

Penerbit: Bentang Pustaka

Tahun: 2013

Jumlah halaman: 194

***

Blurb Girls and technology is winning combination, its all about the good vibes! Yup, menjadi akrab dengan teknologi memungkinkan anita untuk sukses dan bisa bekerja di mana saja, bahkan dari rumah sekalipun. Selama kita mau berusaha buat stay curious dan enggak takut salah, enggak ada alasan buat melewatkan asyiknya berkutat di dunia yang identik sama cowok dan terkesan geeky ini. Doyan nge-game pun bisa jadi cara, lho! Best of all, di sini ada seabrek tip-tip praktis untuk meningkatkan skill kita, seperti tip guest blogging, berbicara di depan umum, dan networking. Apalagi kalau kamu tertarik membangun startup. Buku ini juga memberi tip merumuskan “pitch” untuk menjual ide, membuatbusiness plan, mencari partner, dan memulai bisnis dengan modal Rp.0,00. Yay! How useful!

***

Buku ini berhasil membuka mata saya lebih lebar mengenai dunia teknologi. Dulu, saya hanya tahu bahwa teknologi iturumit dan ribet. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin canggihnya google, saya dituntut untuk menjadi ‘serba tahu’. Pelan-pelan saya banyak bertanya dan belajar. Buka-buka website dan blog orang untuk menjawab pertanyaan saya sendiri dan download printilan-printilan dari freepik. Tidak jarang juga saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya dari buku (salah satunya buku ini). Bahkan, sekarang dengan hanya mengucapkan ok, google! sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Salah satu rumit dan ribet itu saya patrikan pada pikiran saya pada saat akan menggunakan Top Level Domain pada blog. Bagaimana cara belinya? Bagaimana cara masangnya? Bagaimana cara kustomnya? Tapi nyatanya, dengan yang namanya teknologi, saya dapat membabat tuntas pertanyaan tersebut dengan aksi nyata. Terjun ke dunia blogger dengan lebih serius dan bergabung pada komunitas-komunitas blogger menjadi pilihan saya untuk lebih mengenal teknologi. Prinsip saya adalah everyday is improvement. Jadi harus ada paling tidak satu pengetahuan baru setiap harinya.

Komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia bisa dibaca di sini.

Hal pertama yang membuat saya tertarik untuk membaca buku ini adalah karena covernya udah menarik duluan.Cheerful dan berani! Mencerminkan perempuan itu harus berani untuk terjun ke dunia teknologi lebih dalam. Selain itu, penggunaan warnanya juga rame ditambah ilustrasi seorang perempuan masa kini, jadi nggak bosan hanya dengan melihat covernya saja.

Hal kedua yang bikin saya ‘harus membaca’ buku ini adalah ada satu sub-bab yang membahas tentang blogging. Kebetulan saya saat ini tengah belajar lebih dalam mengenai blog dan seisinya.

Hal ketiga yang membuat saya ‘menyesal’ karena kenapa nggak dari dulu saya ketemu dengan buku ini adalah, isinya yang menjamu mata. Setiap materi dipadu apik dengan visual yang nyentrik. Khas muda kreatif.

***

 Technology is no longer a ‘thing’ that can be yours or not yours. Its simply the world we live in. Those who embace technology can accomplish anything, in any industry—Stephanie Peterson, hal. 18

Di dalam buku ini saya seperti mendapat ‘asupan’ mengenai teknologi. Mulai dari pengenalan apa itu teknologi, srikandi teknologi Indonesia, hingga menghasilkan uang dengan teknologi dari rumah.

Pun juga pada saat ingin membangun networking. Penulis mengajarkan tip bagaimana introduction yang noticeable dan dapat membawa kita ke pembicaraan yang lebih lanjut.

Penulis juga menjabarkan apa saya sifat unggul perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Salah satu hal yang membuat perempuan lebih spesial.
Multitasking
Sharing 
People Skill
Creative
Management Skill

Eits, tapi penulis juga menyisipkan apa yang harus peremuan tiru dari sifat laki-laki juga!
Self confidence
Risk Taker
Don’t talk that much
Don’t take it personally
Kompetitif
Sit on the table (maksudnya ikut berkumpul dalam forum)

Buku Girls & Tech ini juga kaya banget dengan quote-quote yang dikemas dengan apik. Beberapa di antaranya unik, namun sayangnya beberapa terlalu panjang sehingga terkesan memenuhi hampir satu halaman buku.

Saya cuplikkan beberapa quote yang menurut saya nancep di hati.

“Push yourself to the limit, and watch the magic happens!”—hal.69

“Teknologi menawarkan kesempatan tak terbatas untuk kita kalau kita mau mengambilnya.”—hal. 107

“Most people only have stupid things to say. So, I shut them off by completely preventing it in the first place.—hal. 124

“If its not fun, then whats the point?—hal. 129

Sesuai hal yang membuat saya tertarik untuk membaca buku ini adalah karena ada satu sub-bab tentang blogging dengan judul Blogging: The First Step in Following Your Dreams. 

Dari sub-bab tersebut saya mendapat banyak ilmu tentang blogging. Mulai dari guest blogging, tips blogging, sampai how to having fun with blogging. Saya juga sempat berkunjung ke blog penulis dan beberapa blog yang disarankan oleh penulis. Wah, nambah lagi informasi mengenai blog-blog keren! Hihi

So far, saya suka dengan buku ini. Walaupun buku ini judulnya Girls & Tech, tapi bagi kaum adam tidak ada salahnya untuk membaca buku ini. Banyak informasi yang mungkin akan berguna suatu hari nanti.

Dari 5 bintang, saya berikan 3 bintang. Awalnya saya ingin memberikan 4 bintang, namun bagian favorit saya, yaitu blogging porsinya masih sedikit.

Selamat membaca! Mari terus belajar dan melek teknologi!

“I have no special talent. I am only passionately curious.”—hal. 109

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s