Yunani – Misteri Roh di Parthenon

Judul : Yunani – Misteri Roh di Parthenon

Penulis : Marianne Andre

Penerbit : Ping

Tahun Terbit : 2014

ISBN : 978-602-255-688-6

***

blue2

***

Yeaay! Akhirnya bisa baca #AstralProjection untuk yang kedua kalinya! Yang pertama saya dapat kesempatan untuk mengunjungi Suku Maya dan kali ini saya diajak untuk mengeksplorasi Parthenon yang ‘berdiri angkuh’ di Athena.

Astral menurut KBBI tahun 2008 mempunyai arti tempat alam roh halus atau alam tempat irang yang sudah meninggal. Begitu pula yang coba diceritakan penulis melalui novel Yunani ini. Penulis mencoba menggabungkan bagaimana roh seseorang yang keluar dari raganya dan berteleportasi (?) ke masa lalu.

Bluebell (sumpah, saya suka banget sama nama ini. Jarang-jarang kan ya, perempuan Indonesia punya nama nyentrik kayak gini?), harus melakukan perjalanan panjang menembus dimensi di Athena. Dalam wujud roh, ia mencoba untuk mencari ketiga saudaranya. Awalnya, Blue, pergi ke Athena untuk berwisata, namun setelah ia jatuh dengan kepala membentur pualam Pathenon, ia menembus dimensi lain dan berada di Athena masa lalu. Masa dimana seorang Filsuf Socrates masih bisa memeluk Sang Ayah.

***

 

Yunani – Misteri Roh di Parthenon

Blue, diterima baik oleh keluarga Nyonya Ione, seorang Nyonya besar di dimensi Athena yang lain. Di sana, Blue mengenakan pakaian Peplos, pakaian khas orang Athena pada masa itu.

Di dimensi kini, Blue tertidur pulas tanpa ada yang tahu kapan ia akan bangun. Ayah dan Ibu Blue bahkan terbang di Athena untuk menemui putri mereka yang dalam dua hari tanpa kabar itu.

Red, bisa dibilang prototipe dari Blue (sebenernya kembarannya Blue yang udah meninggal sih.) dari ‘in the middle of nowhere, berusaha untuk mengembalikan roh Blue ke raganya.

Kelebihan

Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih kepada penulis, berkat risetnya mengenai Yunani dan cerita-cerita pengiringnya seperti kisah kelahiran Dewi Athena dsb, saya jadi ingin untuk mengunjungi Athena suatu hari nanti. Amin. Saya ingin membuktikan seberapa angkuh tiang-tiang Parthenon disana.

Kelebihan novel ini adalah tentang risetnya. Bagaimana penulis mencoba menggambarkan sosok kehidupan Athena di masa sekarang dan di masa dahulu. Tentang kebiasaan meminum air yang dicampur anggur dan bagaimana kebiasaan orang Athena dalam hal pernikahan (menikah di umur tiga belas tahun itu…belum bisa saya bayangkan!). Selain itu, nama-nama yang Yunani banget yang digunakan penulis untuk menggambar dimensi dahulu juga keren. Seperti Arthos, Aeros, Demos, Thenone, dan Ione.

 

Kekurangan

Kekurangannya apa ya? *mikir keras

Mungkin kehadiran nama ‘Diana’ pada Athena dimensi lain membuat saya risih. Karena nama tersebut saya pikir termasuk nama yang modern dan kurang pas jika digunakan untuk nama seorang perempuan yang hidup di zaman Socrates.

Selain itu, ada beberapa hal yang membuat saya bingung.

Pertama : Pada halaman 125-126 dihadirkan tokoh Red yang merupakan kembaran Blue yang sudah meninggal. Seperti yang saya sebutkan di awal, Red tinggal di ‘in the middle of nowhere’. Saya menyebutnya demikian karena Red tiba-tiba muncul ke Rumah Sakit dimana Blue terbaring kemudian kembali lagi untuk menemui Kakek dan Nenek.

Kedua : Pada halaman 119 Red mengatakan, “Tapi, bagaimanapun aku sangat berterima kasih padamu Theo…”

Red (dimana ia adalah sebuah roh) tahu nama Theo dari siapa? Pada halaman sebelumnya Red hanya melihat Theo yang tengah berdiri di depan pintu kamar rumah sakit tempat Blue dirawat.

***

Oh, iya! Hampir lupa, saya juga mau mengomentari tentang cover-nya. Menurut saya cover novel ini kurang ‘astral’ hihihi bagaimana ya untuk menjelaskannya. Pokoknya kurang menggambarkan sisi astral dari ceritanya. Mungkin karena warna pastel yang digunakan, sehingga terkesan soft.

IMG_20150301_080402

Selamat membaca^^

Terima kasih

Love, ARINTYA
Tinggalkan Balasan

